Peringatan HUT RI ke 72 Desa Sombo

Administrator 11 Oktober 2018 11:00:46 WIB

NKRI HARGA MATI BUAT WARGA SOMBO 

Perkenalkan nama saya Raden F.R.M. berasal dari dusun Argomulyo Desa Sombo.disini sebelum kami mengarang tentang kejadian di bulan Agustus. Perkenankanlah kami memberitahukan kepada pembaca untuk mengetahui letak desa kami ini.

Desa Sombo terletak didaerah perbatasan antara Desa Rambaan Kecamatan Sumber kecamatan Probolinggo.sebelah selatan berbatasan dengan Desa Kertowono. Sebelah timur berbatasan dengan Desa Jeruk dan sebelah Utara berbatasan dengan Desa Jenggrong.

Desa Sombo Terdapat dua Dusun yaitu Dusun Argomulyo dan dusun Argodadi. Dan terdapat 12 RT dan 4 RW juga terdapat 283 Kepala Keluarga dan berpenduduk sekitar 1118 jiwa.

Penduduk desa Sombo rata – rata bekerja di perkebunan, ada yang di kebun PTPN XII juga ada yang bekerja di Perkebunan Gunung ringgit, inilah kehidupan sehari – hari yang dijalani warga sombo.

Kami membuat judul diatas karena kami ter Inspirasi dari kegiatan 17 Agustus 2 bulan yang lalu, karena diDesa kami setiap bulan Agustus pasti mengadakan kegiatan – kegiatan yang berhubungan dengan kepahlawanan. Mulai dari Upacara 17 Agustus juga diadakan lomba - lomba.

Perlombaan – perlombaan yang diadakan meliputi, Lomba tingkat RT, lomba Lingkungan, lomba tingkat Dewasa dan lomba tingkat anak – anak, Dengan di adakan lomba lingkungan tersebut  masyarakat lebih antusias dan lebih bersemangat untuk menjaga dan merawat lingkungannya masing-masing sehingga menimbulkan/memunculakan suatu kebiasaan  untuk  melaksanakan kebersihan, menjaga dan juga merawatnya. Kemudian lomba tingkat dewasa dan anak- anak inilah yang juga menjadikan semangat semua masyarakat  sombo semakin terlihat, yangterahir diadakan jalan Sehat Desa dan Pentas seni

Pernah saya bertanya kepada salah satu peserta yang mengikuti lomba panjat pinang beliau bernama pak sukijo, “pak kenapa kok bersemangat sekali untuk mengikuti lomba ini pak”,  “ ya iyalah dek ini tidak seberapa dari apa yang telah di perjuangkan oleh pahlawan kita dulu, jawab pak Sukijo dengan bersemangat, “waduh saya salut sama bapak”, jawab saya dengan penuh pujian.

Kemudian untuk yang tahun kemarin kepala Desa  sombo mengadakan jalan sehat desa atau biasa disebut jalan santai  yang mana setiap peserta dari masing masing kepala keluarga mendapatkan 3 nomor undian.

Pada setiap perlombaan dipastikan di Desa Sombo akan mendapatkan suatu penghargaan atau hadiah. Dan juga pada jalan sehat setiap akhir ada suatu undian.dari pengalaman yang kemarin hadiah yang di undikan mulai dari Almari Es ( Kulkas ), Televisi, Dispenser, VCD, dan juga banyak hadiah hiburan yang lainya. Ini semua adalah hasil kerjasama antara aparatur Desa dan Masyarakat Sombo semua.

Pada kegiatan Agustus 2 bulan yang lalu masing – masing Kepala Keluarga berpartisipasi menyumbang Rp 30.000, RT, RW 50.000 pearangkat desa Rp 100.000 dan Kepala Desa Rp. 200.000 dari hasil ini semuanya mengumpulkan uang sekitar Rp.10.300.000, dari uang inilah hadiah – hadiah yang kami lampirkan diatas diambilkan.

Inilah semangat masyarakat Desa Sombo untuk memeriahkan kemerdekaan setiap Agustus di Desa kami. Warga senantiasa antusias dan bersemangat menyambut kemerdekaan, apalagi yang bisa di korbankan untuk NKRI kalau bukan semangat dari diri masyarakat seluruh desa Sombo dengan mengikuti kegiatan – kegiatan yang membangkitkan jiwa seperti yang dilakukan para pejuang yang telah gugur .

 

Dokumen Lampiran : Peringatan HUT RI ke 72 Desa Sombo


Komentar atas Peringatan HUT RI ke 72 Desa Sombo

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Sombo

tampilkan dalam peta lebih besar