Sejarah Desa Sombo

Administrator 17 Oktober 2018 11:20:03 WIB

SEJARAH DESA SOMBO

A. Sejarah Desa Sombo

        Desa sombo merupakan salah satu dari 9 desa yang terletak di kecamatan gucialit kabupaten lumajang setelah dan sebelum merdeka, Desa Sombo Menurut beberapa sumber terutama dari sesepuh desa sombo pada masa dulu adalah sebuah kampung pegunungan yang dikelilingi beberapa bukit, perkebunan,hutan dan lain - lainnya.   Desa Sombo Merupakan Desa yang mempunyai Ketinggian sekitar 1250 Meter dari permukaan laut. Desa Sombo mempunyai keistimewaan dengan udara yang masih alami dan segar juga disebut desa yang subur. 

         Wilayah Desa Sombo terletak pada wilayah dataran sedang denga koordinat 7°21'- 7°31'  LS dan 110° 10-111°40'BT, Deanga luas 431875 Ha, dengan batas batas wilayah sebagain berikut. sebelah utara desa Jenggrong kecamatan Ranutoso, sebelah timur berbatasan dengan desa Jeruk kemudian sebelah selatan berbatasan dengan Desa Kertowono dan yang Terakhir sebelah barat berbatasan dengan Desa Rambaan, Kec.Sumber Kab. Probolinggo. Pusat Pemerintah Desa Sombo terletak di Dusun Argomulyo RT 009 RW 003. 

        Sejarah Kepemimpinan Desa Sombo pada jaman dahulu di pimpin oleh kepala Desa yang bernama Bapak Bidin Yang menjabat mulai tahun 1910 sampai dengan 1930, sebelum beliau wafat beliau memberi wasiat untuk mengumpulkan masyarakat agar bermusyawarah menentukan pemimpin yang baru dengan cara pemilihan langsung hingga sampai pada saat ini. Dan setelah pemilihan terpilihlah Bapak Sadji dengan kurun waktu 1930 sampai dengan 1942, setelah itu dipimpin oleh bapak Sapi'i dengan waktu 1942 sampai dengan 1974, setelah bapak Sapi'i wafat digantikan oleh Bapak Martowiguno juga dipilih langsung oleh masyarakat, sesudah Bapak Martowiguno purna jabatan akhirnya Desa Sombo Mengadakan Pilihan Kepala Desa yang ahirnya terpilihlah Bapak Junari Hadi Pranoto yang menjabat sekitar 8 Tahun, dan diadakan Pemilahan Kepala Desa Baru dan terpilihlah Bapak Suparman yang penjabat kurang lebih antara tahun 1990 sampai dengan 2006, dan diadakan Pilihan kembali Terpilihlah bapak Samad yang menjabat sampai sekarang ini.

        Jumlah penduduk Desa Sombo sebanyak 1129 jiwa yang terbagi dari 283 Kepala Keluarga, dengan rincian laki - laki 551 dan perempuan 578 dengan tingkat kepadatan penduduk sebesar 346 Jiwa / Km². jumlah penduduk Desa sombo Juga dipengarui oleh Program KB sehingga bisa menekan peledakan penduduk. Desa Sombo mempunyai 2 dusun yaitu Dusun Argodadi dan dusun Argomulyo, dan terdapat 12 RT dan 4 RW. 

Sumber daya manusia sebagaian besar desa sombo adalah petani dan pekebun juga sebagian terdapat guru, bidan,guru ngaji dan penggusaha lainya. Dari sumber daya manusia itu menjadi bagian terpenting suksesnya  perekonomian, pembanggunan dan kemajuan masyarakat desa sombo. 

Kemudian dari segi sumber daya alamnya masyarakaat desa sombo memanfaatkan semua lahan perkebunannya dengan menanam kopi, jagung, pisang dan lain sebagainya sehingga semua kebutuhan pokok dapat terpenuhi dengan hasil pertaniannya.

Komentar atas Sejarah Desa Sombo

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Sombo

tampilkan dalam peta lebih besar